Senin, 31 Mei 2010

MENCARI KATA TERTENTU DI MESIN GOOGLE

Proses pencarian dengan mesin pencari dilakukan dengan kata kunci pencarian yang kita masukkan sebagai acuan. Kata kunci yang dimasukkan dapat terdiri dari satu kata atau lebih.
Kata yang dimasukkan dapat juga berupa frasa.


Kita perlu ketahui bahwa mesin pencari google tidak membedakan penggunaan huruf besar dan kecil dari kata kunci pencarian yang kita masukkan. Sebagai contoh, kata kunci “teknologi”,”Teknologi”, “TEKNOLOGI”, “tEkNOloGi” akan memberikan hasil yang sama.


Dalam melakukan pencarian, google akan mengabaikan kata-kata yang umum seperti kata “dan”, “yang”, dan sebagainya. Hal tersebut juga berlaku dalam pencarian bahasa inggris, dimana kata yang akan diabaikan diantaranya “is”, “would”, “and”, dan sebagainya.


Mesin pencari google tidak dilengkapi dengan fasilitas stem ata wildcart. Google akan melakukan pencarian menggunakan kata kunci yang persis seperti yang kita masukkan. Melakukan dengan kata kunci “Sam” tidak akan menghasilkan pencarian “sammy” ataupun “samuel” dan yang lainnya.


Google akan menampilkan semua hasil pencarian yang mengandung kata kunci yang kita masukkan. Karena itu, untuk membatasi dan mempersempit hasil pencarian maka kita harus memasukkan lebih banyak kata kunci.

Berikut ini adalah langkah-langkah unutuk melakukan pencarian dengan kata-kata tertentu :

1. Jalankan internet exploler atau yang lainnya. Kemudian di kotak address, ketiklah www.google.com kemudian klik tombol “Go” atau ketik enter pada keyboard

2. Setelah mesin pencari ditampilkan di jendela browser, ketiklah kata kunci “spensaka” di kotak pencarian. Tekanlah tombol mesin cari google atau tekan enter pada keyboard. Proses pencarian akan dimulai.



Frasa adalah gabungan dari beberapa kata yang membentuk satu arti. Pencarian menggunakan frasa tidak dapat dilakukan dengan cara memasukkan kata kunci pencarian. Bila kata kunci pencarian menggunakan frasa, kita harus menambahkan tanda kutip ganda (“) di awal dan akhir frasa tersebut. Pencarian menggunakan frasa sangat bermanfaat untuk mempercepat pencarian.

Nah brother sekarang sudah mengetahui bagaimana cara kerja mesin google kan? Sebuah ilusi dari apa yang kita fikir dapat ditemukan dengan hanya mengetik sebuah kata kunci. Jadi manfaat dari mesin pencari sangatlah bermanfaat. Tapi banyak juga efek negatif yang ditimbulkan seperti di post yang lalu

Baca juga “Efek negatif dari internet”

Tetap di blog ini. Karena blog ini baik dibaca oleh pelajar dan siapa saja. Komentar dapat ditambahkan dengan tujuan membangun.

Hak cipta hanya milik Allah SWT, jadi boleh copy paste tapi harap sertakan linkback ke blog ini.

1 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak !! Karena perkataanmu mencerminkan kepribadianmu !!!