Kamis, 06 Mei 2010

SYSTEM OPERASI

Apakah system operasi itu? System operasi adalah perangkat lunak yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari system komputer.
 Program-program yang lain seperti program utility maupun program aplikasi berjalan diatas system operasi.


TUGAS ATAU FUNGSI SOFTWARE SYSTEM OPERASI

1. Membaca dan menanggapi perintah-perintah yang diberikan oleh pengguna komputer melalui perangkat input dan output.

2. Mengkoordinir aliran informasi diantara perangkat input dan output.

3. Mengatur program-program lain yang dijalankan oleh pengguna komputer.

4. Membawa program dan data yang diberikan oleh pengguna ke memory komputer.

Dibawah Ini akan saya jelaskan macam-macam system operasi (operating system) atau biasa dikenal dengan OS.

1). DOS (Disk Operating System)

          DOS termasuk system operasi CUI (Character User Interface), yaitu system operasi yang dijalankan dengan mengetikkan baris perintah (command line) berupa karakter teks. Microsoft DOS dikeluarkan pertama kali pada tahun 1981 untuk digunakan pada komputer IBM PC.




2) Windows
          Windows adalah system operasi yang mempunyai tampilan gravis (GUI-Grapical User Interface). Sehingga mudah digunakan atau dikenal dengan istilah user friendly (ramah pada pengguna). Windows dikeluarkan pertama kali tahun 1990 oleh Microsoft Corporation dan diberi nama Windows versi 3.0, sebagai kelanjutan dari windows versi 1.0 dan windows versi 2.0 yang dikeluarkan sebelumnya. Selanjutnya pada tahun 1992 Microsoft mengeluarkan windows 3.1. Tahun 1993 dikeluarkan windows NT untuk keperluan jaringan komputer.
          Tahun 1995 Microsoft mengeluarkan Windows 95 dan dilanjutkan dengan windows 97, windows 98, windows 98 SE (second edition) , windows ME (Millenium Edition), Windows 2000 server, Windows XP, windows Vista, dan yang baru dikeluarkan adalah windows 7 (seven) yang mempunyai tampilan menarik.











3). Unix
          Unix banyak digunakan pada super komputer atau mainframe, yaitu sebuah komputer yang digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang berat pada perusahaan-perusahaan yang besar. Unix dikembangkan akhir tahun 60-an oleh sebuah group yang dipimpin oleh Ken Thompson dari labolatorium AT&T. Unix merupakan system operasi yang handal digunakan pada jaringan komputer. Pada mulanya, Unix dibagikan Gratis ke berbagai Perguruan Tinggi, setelah banyak digunakan oleh Industri barulah dipatenkan dan diperdagangkan.

4) Linux
          Linux dikembangkan dari system operasi unix oleh seorang mahasiswa Finlandia bernama Linus Benedict Torvalds pada tahun 1991. Linux dikembangkan oleh para programmer di seluruh dunia karena sifatnya yang open source, sehingga siapapun bebas menggunakan dan memodivikasi system operasi ini tanpa menlanggar Hak Cipta. Saat ini telah banyak Versi dari Linux yang dikenal diistilahkan dengan distro, antara lain : RedHat, Debian, Xandros, Mandrake, Fedora core, SuSE, Ubuntu, Vector Linux, Linspire, Damm Small Linux, dll. Kendala dari Linux adalah orang belum terbiasa dan program yang dijalankan di aplikasi Linux Sangat terbatas.
5). Mac OS

          Mac OS adalah singkatan dari Macinthosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat di Apple computer khusus untuk komputer Macinthosh dan tidak berkompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x89. Versi teakhir Mac OS saat ini adalah Mac OS X (baca : Mac OS ten) yang diluncurkan pada tahun 2000.
6). Novel Netwere
          Novel Netwere adalah sebuah System Operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC  atau kompatibelnya. System Operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat berbasiskan tumpukan protokol jaringan Xeror XNS.

          NetWere telah diganti oleh Open Enterprise Server (OES). Versi terakhir dan NetWere hingga april 2007 adalah versi 6.5 Support Pack 6, yang identik dengan OES-Netwere Kernel, Support pack 2.

hak cipta hanya milik Allah SWT, jadi, boleh copy paste tapi harap sertkan linkback ke blog ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak !! Karena perkataanmu mencerminkan kepribadianmu !!!