Selasa, 04 Mei 2010

PENGENALAN INTERNET DI KALANGAN PELAJAR

Di kalangan masyarakat Indonesia, Internet telah menjadi suatu kebiasaan dan aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan.
Dari anak kecil hingga orang tua sekarang bisa menggunakan Internet sebagai media pendidikan, hiburan, Informasi, komunikasi, jaringan sosial dll. setelah komputer tersambung ke Internet, kita dapat mengakses informasi yang kebanyakan berupa halaman web. Halaman web tersebut ditulis dengan menggunakan kode-kode yang disebut HTML (Hyper Text Markup Language). Agar kode-kode HTML dapat diterjemahkan menjadi halaman web yang dapat ditampilkan, dibutuhkan software web browser atau sering disebut browser saja.

Informasi dalam bentuk suatu halaman web dapat terdiri dari text, gambar, Video, audio maupun berupa file-file dalam format document word(.doc), exel(.xls) Rich Text File (.rtf) Portable data format (.pdf) maupun bentuk lainnya. Sedangkan file-file gambar dalam format JPG dan GIF.
Banyak browser yang bisa digunakan pada saat ini, seperti Nestcape Navigator, Internet Exploler, Mozilla Firefox, Opera dll. Kemampuan browser-browser tersebut hampir sama. Internet Exploler merupakan browser yang secara otomatis terinstal oleh Windows.
MENJALANKAN BROWSER
Browsing adalah kegiatan menjelajahi Internet, yaitu mencari informasi dengan cara mengunjungi website-website yang ada di Internet. File-file halaman web, beserta documen , gambar dan file-file pendukung lainnya disimpan di web-server. Ketika kita menjalankan browser, dan memasukkan alamat web tertentu, kemudian menekan tombol GO, maka browser akan mendownload file-file halaman web dari server dan menampilkannya di komputer kita.
Internet terdiri dari jutaan komputer yang disebut host. Tersebar di seluruh penjuru dunia dan saling berhubungan dalam suatu jaringan. Host-host tersebut saling berkomunikasi menggunakan protocol Jaringan yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). protokol jaringan adalah software yang akan mengatur proses komunikasi antar komputer pada suatu jaringan.
Agar setiap komputer dalam jaringan Internet dapat berkomunikasi, masing -masing haruslah memiliki alamat tertentu yang tidak boleh sama antara satu dengan lainnya. Sistem pengalamatan yang digunakan berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang dipisahkan dengan tanda titik (.) , mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255. deretan angka-angka ini dikenal sebagai IP Address.

Post berikutnya akan saya buat


Komentar dapat ditambahkan dan untuk menyarankan tema
 
Hak cipta hanya milik Allah SWT, jadi boleh copy paste tapi harap sertakan linkback ke blog ini!!!

2 komentar:

  1. HEYYYYYYY BAGI PARA penggemar blog??? jangan niru yang diatas ya?????

    BalasHapus
  2. oke brother,,,,,,,,, good job.... i like this blog,,,,, I love u

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak !! Karena perkataanmu mencerminkan kepribadianmu !!!