Sabtu, 12 Juni 2010

Perangkat Jaringan

Setelah kita membahas perangkat pengolah dan perangkat penyimpanan, kita akan membahas mengenai perangkat jaringan. Perangkat jaringan digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain dalam suatu jaringan komputer, atau dengan internet.
Beberapa perangkat pada system komputer yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lain, antara lain :

  • Kartu Jaringan (LAN Card / Ethernet) Adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lain dalam suatu jaringan local (Local Area Network / LAN). Pada beberapa motherboard kartu jaringan telah terpasang langsung (Onboard).




  • Kartu WiFi digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain dengan menggunakan gelombang radio berfrequensi tinggi. Jaringan WiFi memungkinkan kita mengakses internet jika kita berasa pada sebuah kawasan/tempat yang dijangkau oleh sinyal WiFi atau dikenal dengan istilah Hotspot, seperti pada bandara, mal, kampus, hotel dan sebagainya. Di wonosobo jaringan hotspot yang paling terkenal berada di alun-alun kota Wonosobo yang dibuat oleh SMK Informatika wonosobo.
  • Modem adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet melalui saluran telepon. Modem berfungsi mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara, sehingga dapat dilewatkan melalui kabel telepon.  Ada dua jenis modem dipasaran, yaitu modem internal dan eksternal. Modem internal dipasangkan langsung di Motherboard komputer, sedangkan modem eksternal terpisah dengan komputer. Modem eksternal dihubungkan dengan komputer menggunakan port serial atau USB (Universal Serial Bus). Gambar pertama dibawah ini adalah modem eksternal sedangkan gambar yang kedua adalam modem internal
  • Bluetooth adalah teknologi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-team (langsung). Bluetooth saat ini sudah banyak digunakan untuk komunikasi data antar komputer maupun dengan perangkat lain, seperti ponsel, headset, keyboard dan lain sebagainya. Keunggulan teknologi Bluetooth yaitu jika diberikan penghalang, masih dapat mentransfer maupun menerima data den jangkauan transmisinya antara 10-100 meter. Diberbagai ponsel, bluetooth juga banyak digunakan untuk menerima dan mengirim data seperti suara, gambar, maupun video.
  • Adapter Infra Merah (Infrared Device Adapter-IrDA) adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer atau perangkat lain menggunakan gelombang Infra merah (infra red).Teknologi Infrared Device Adapter (IrDA) adalah perangkat yang peka terhadap gelombang cahaya infra merah yang mempunyai panjang gelombang e"7000 u (Amstrong). infra merah hanya bisa digunakan pada jarak dekat (1-1,5 meter) dan tidak terdapat penghalang apapun. Perangkat ini bisa digunakan untuk berkirim data dari perangkat lain yang menggunakan teknologi komunikasi data via infra merah, seperti pada handpone. Pada handpone sekarang sudah jarang menggunakan infra merah karena telah beredarnya teknologi Bluetooth yang semakin mempersempit adanya infra merah ini


Nah sekarang kalian sudah tau beberapa perangkat jaringan yang berada di sekitar kita. Tentunya sebagai pembrowsing, saya juga memerlukan salah satu alat tersevut agar dapat terkonek ke Internet. Padahal saya tidak memakai modem untuk mengakses ke internet. Melainkan menggunakan Teknologi Bluetooth dan sebagai modemnya saya menggunakan jaringan handphone. Dan tentu saja kecepatan akses internetnya sedikit berkurang.

Baca cuga mengenai kecepatan akses internet. Selamat berakhir pekan...... bagi para pelajar SD, tunggu saja pengumuman yang akan datang tanggal 19 Juni ini dan untuk anak SMP yang sudah lulus, segera mendaftar di sekolah yang kamu dambakan??



Good luck!!!!! semoga berhasil



Hak cipta hanya milik Allah SWT, jadi boleh copy paste tapi harap sertakan linkback ke blog ini!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak !! Karena perkataanmu mencerminkan kepribadianmu !!!