Sabtu, 12 Juni 2010

Perangkat Penyimpanan

Brother pasti sekarang telah mengenal lebih dari 5 perangkat penyimpanan yang telah beredar. Perangkat ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosesor. dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu memori internal dan memori eksternal. 


Memory Internal
Terdiri dari RAM (Random Acces Memory) dan ROM (Read Only Memory). RAM berfungsi antara lain sebagai penampung sementara bagi data yang berasal dari alat input, menyimpan program atau data yang akan diolah oleh CPU, serta menampung hasil akhir pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.


ROM adalah memori yang hanya bisa dibaca saja, programer tidak bisa mengisi sesuatu didalamnya dan isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik (permanen).  ROM disediakan oleh pabrik pembuatnya dan berisi program atau data yang diperlukan pada saat komputer dihidupkan pertama kali (Booting).

Memori Eksternal

Disebut juga sebagai penyimpan sekunder, digunakan untuk menyimpan data secara permanen, artinya semua data akan tetap tersimpan meskipun komputer sudah dalam keadaan mati. yang termasuk kedalam peralatan ini adalah : Pita magnetik, hardisk, floppy disk (disket), CD/DVD ROM, Zip disk, USB flash disk, Smart card ( misalnya pada ponsel ), serta kartu memori (misalnya pada PDA dan Kamera Digital. Brother juga sering menemukan memori card di dalam ponsel yang sudah dilengkapi fitur MMC atau Slot Micro SD card.



Disket selain digunakan didalam sebuah komputer, juga dapat digunakan didalam organ yang sudah mempunyai fitur disket. Dan sering dijuluki sebagai ORGAN Tunggal.


USB flash disk juga sering digunakan di dalam sebuah CD dan DVD player. Didalam CD/DVD yang sudah terdapat jack USB dan dapat dimainkan melalui media tersebut seperti halnya CD, DVD, MP3 dll.


Perangkat penyimpanan yang lain dibawah ini adalah salah satu Perangkat Penyimpana Eksternal.




Sekarang ada tugas lagi buat kalian "Coba cek kapasitas Hardisk yang ada di sekolah dengan cara klik kanan pada disk drive pilih propertise gabungkan hasil akhir dari beberapa disk yang dimiliki oleh komputer tersebut. setelah itu jumlahkan semuanya. seperti biasa kirimkan lewat komentar dan sertakan nama dan nama sekolah masing-masing!!!"


Hak cipta hanya milik Allah SWT, jadi boleh copy paste tapi harap sertakan linkback ke blog ini!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak !! Karena perkataanmu mencerminkan kepribadianmu !!!