Senin, 14 Juni 2010

Perangkat keras untuk akses internet

Selamat siang, sore, malam, pagi bagi yang membaca blog ini. Salam blogger!!. Semoga brother selalu sehat? Amin. Di kesempatan ini saya akan membahas mengenai perangkat keras (Hardware) yang digunakan untuk akses internet.


Yang pastinya pesan utama saya adalah “Tolong berikan komentar yang mempunyai etika” pastinya brother adalah seorang yang baik kan??

Kita mulai dari sekarang?Disini saya tidak menjelaskan internet melalui handphone, tetapi menggunakan perangkat komputer. Untuk mengakses internet, kita harus memiliki beberapa hardware yang akan kita gunakan sebagai media atau sarana untuk mengaksesnya. Sarana tersebut adalah :

1. Komputer
Untuk dapat mengakses ke internet dibutuhkan seperangkat komputer dengan spesifikasi minimal
 - Prosesor setara pentium 1 (100 MHz)
 - RAM (Random Access Memory) 32 MB
 - Hardisk 1,2 GB
 - Sistem operasi windows 95, linux, Unix, MacOS, dll.
 - Moitor VGA (Video Graphics Array)

2. Modem

Modem adalah singkatan dari modulator/demodulator. Di post yang lalu sudah saya terangkan mengenai perangkat ini tapi akan saya bahas lagi. Modulator artinya alat yang berfungsi menumpangkan sinyal data komputer pada suatu sinyal pembawa, sehingga bisa dilewatkan pada jaringan komunikasi (misalnya kabel telepon). Sementara demodulator artinya sebuah alat yang berfungsi menghilangkan sinyal pembawa tersebut, sehingga hanya tersisa sinyal data komputer.

Modem menjadi perantara antara komputer dengan jaringan telepon
A. Jenis-jenis modem :
  a. Berdasarkan jenis koneksi yang digunakan
Untuk dapat mengakses internet, ada banyak jenis koneksi yang dilakukan. Modem yang digunakan untuk tiap-tiap jenis koneksi juga berbeda-beda. Beberapa contoh yang sering digunakan antara lain :
• Modem Dial Up (Digunakan untuk koneksi Dial Up, misalnya telkomnet instan)
• Modem ADSL (Untuk koneksi ADSL, misalnya telkom Speedy)
• Modem ISDN ( Untuk koneksi ISDN atau jaringan telepon untuk komunikasi data berlangganan)
• Modem radio (Untuk koneksi menggunakan radio paket)
• Modem CDMA (Untuk koneksi menggunakan CDMA, seperti telkom flexy, fren, dll)
• Modem PLC (unuk koneksi menggunakan kabel listrik)
 b. Berdasarkan cara pemasangan.

Modem internal
Modem yang dipasang langsung di mainboard komputer (di dalam kotak CPU) Kelebihan dari modem internal adalah harganya yang lebih murah, namun mempunyai kelemahan karena pemasangannya yang lebih sulit dan penggunaannya tidak dapat dipindah dari satu komputer ke komputer lain.



Modem Eksternal
Yaitu modem yang dipasang secara terpisah dengan komputer. Kelebihan dari modem eksternal adalah pemasangannya yang lebih mudah dan penggunaannya dapat dipindah dari satu komputer ke komputer lain, namun mempunyai kekurangan yaitu harganya yang lebih mahal.


3. Jaringan komunikasi

Adalah saluran yang digunakan untuk mengirimkan sinyal yang berasal dari komputer. Sebelum dilewatkan ke jaringan komunikasi, sinyal dari komputer sebelumnya diproses oleh modem. Pada dasarnya jaringan komunikasi ada dua yaitu:

Kabel (wire)
Yaitu jaringan yang menggunakan kabel tembaga, coaxial maupun fiber optik, sebagai sarana mentransmisikan data. Jaringan kabel yang sering digunakan antara lain, kabel telepon, TV kabel, Kabel listrik dan kabel LAN (Local Area Network).

Tanpa kabel (Wireless)
Yaitu jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk meneruskan sinyal. Jaringan ini banyak digunakan pada berbagai koneksi internet, seperti WiFi (Wireless Fidelity), satelit GPRS (General Packet Radio Service), CDMA (Code Division Multiple Access), WAP (Wireless Aplication Protocol), wireless LAN dll.


Jika semua itu sudah dipunyai oleh brother, tentu saja sangat mudah untuk berkoneksi internet. Siapa si yang tidak mau internetan? Heeee.....

Hak cipta hanya milik Allah SWT, jadi boleh copy paste tapi harap sertakan linkback ke blog ini

1 komentar:

  1. mau tanya dikit, dikaliwiro signal cdma yang kuat apa aja ya?smart dah masuk blm. mksh

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan bijak !! Karena perkataanmu mencerminkan kepribadianmu !!!